Sebagaimana halnya
pasar didunia nyata yang mana pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan
pembeli secara langsung. Di dunia pasar ada tiga jenis barang yang dijual
meliputi barang fisik, barang digital dan jasa, maka pada e-commerce ketiga
barang tersebut juga tersedia. Namun yang membedakan adalah bentuk interaksi
dan transaksi yang dilakukan secara online dan elektronik.
Berdasarkan wujud dari
produk yang dijual kepada konsumen, e-commerce dibedakan menjadi tiga, meliputi
E-commerce physical good, E-commerce digital good, E-commerce service good.
1. E-commerce
physical good
e-commerce physical good merupakan
e-commerce yang focus di dalam menjual produk barang barang fisik secara
online. Barang yan dijual dapat berupa pakaian, peralatan elektronik
pernak-pernik, dan sebagainya. Dalam penerapan nya e-commerce memerlukan adanya
biaya tambahan yang dibebankan kepada konsumen yaitu biaya kirim dan pajak
2. E-commerce
digital good
ee-commerce digital good merupakan
e-commerce yang memfokuskan produk yang dijual berupa benda-benda digital
seperti music Mp3, video, software/aplikasi perangkat lunak, dan buku digital
3. E-commerce
service good
e-commerce service good ini e-commerce
khusus yang menyajikan produk berupa jasa kepada konsumennya. Bentuk e-commerce
ini diperlukan oleh konsumen yang memerlukan bantuan jasa dan membayar jasa
sesuai kebutuhan tersebut serta harga yang telah disepakati. Produk jasa yang
ditawarkan seperti jasa reservasi tiket atau penginapan, asuransi, dan
lain-lain.
E-BUSINESS
Berikut ini adalah
penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan e-business :
1. Menurut
IBM. IBM adalah perusahaan yang mencetuskan istilah e-business sebagai sebuah
hal yang didalam tidak hanya mencakup hal-hal yang dilakukan e-commerce.
Menurutnya E-business merupakan bentuk tranformasi dari proses-proses bisnis ke
dalam pemanfaatan teknologi internet. Proses-proses kunci dari suatu bisnis
meliputi riset produk, riset pasar, pengembangan produk dan jasa, penjualan dan
pemasaran, produksi, dan lain-lain.
2. Defenisi
lain tentang e-business adalah e-business merupakan bentuk transformasi dari
proses-proses didalam organisasi bisnis untuk mewujudkan pelayanan kepuasan
konsumen, pemanfaatan teknologi computer, aplikasi computer, filosofi computer,
paradigm computer yang menjadi bentuk dari ekonomi dunia baru.
7 ELEMEN PADA
E-BUSINESS BESERTA PERANANYA
1. COMPETITIVE
STRATEGY
Competitive strategy diperlukan didalam
e-business sebagai sebuah strategi yang dilakukan agar bisnis dapat bersaing
dengan sehat dan memenangkan persaingan tersebut. Strategi berkaitan dengan
pemanfaatan teknologi computer. Dengan memanfaatkan teknologi maka proses
pengambilan keputusan menggunakan data mining merupakan salah satu strategy
yang baik.
2. BUSINESS
STRATEGY
Business strategi diperlukan
sebagai strategi yang dilakukan agar
bisnis dapan berjalan dengan sukses. Termasuk dalam pemakai teknologi computer
termasuk pemanfaatan media dan teknologi internet untuk menjalankan bisnis
tersebut.
3. VALUE
CHAIN
Value chain didefenisika sebagai sebuah
rantai urutan aktifitas dan proses yang terdapan dalam suatu organisasi bisnis
yang bermanfaat untuk membuat sebuah
desain produk beserta dengan proses produksi, pemasaran, pengiriman, dan
dukungan teknis didalamnya. Peran dari value chain (rantai nilai) antara lain
untuk memudahkan didalam proses produksi barang dan jasa, proses pemasaran dan
distribusi, proses penjualan atau pemasaran, proses desain, pengembangan dan
riset produk serta membantu dalam memberikan layann dan dukungan teknik kepada
konsumen.
Didalam value chain terdapat dua bagian
utamayang meliputi :
a. Primary
activities yaitu aktifitas utama dalam jalannya kegiatan pada suatu organisasi bisnis. Primary
activities terdiri dari :
Ø Inbound
logistic
Ø Outbound
logistic
Ø Operations
Ø Marketing
dan Sales
Ø Service
b. Support
activities yaitu aktifitas yang mendukung jalannya aktifitas utama yang terdiri
dari :
Ø Procurement
: segala sesuatu yang terkait dengan pembelian, baik pembelian bahan baku,
pembelian stok barang
Ø Technology
development : aktifitas terkait dengan pengembangan teknologi yang digunakan
Ø Human
resource management :aktifitas terkait pengembangan sumber daya manusia
Ø Firm
infrastructures : segala kegiatan yang berkaitan dengan infrastruktur pendukung
seperti audit, akuntansi, keuangan, dan perencanaan
4. EMPLOYESS
Employess mngacu kepada asset penting
didalam bisnis berupa para tenaga kerja yang berhubungan dengan teknis
pelaksanaan e-bisnis dan peningkatan kemampuan tenaga kerja.
5. COSTUMER
Costumer merupakan salah satu pelaku
didalam kegiatan transaksi dan bisnis. Customer mengacu kepada para pembeli,
pelanggan, konsumen dalam bisnis.
6. MARKET
SEGMENT
Market segment atau bagian pasar dari
pemasaran produk dan jasa bisnis merupakan wujud dari respon terhadap adanya
competitive strategi. Market segment perlu dilakukan agar bisnis bisa berjalan
dengan baik.
7. BUSINESS
UNIT
Business unit atau unit-unit bisnis merupakan bagian
dari e-business dengan memanfaatkan adanya value chain, employess serta
business strategy
PERSAMAAN ANTARA
E-COMMERCE DAN E-BUSINESS
Ø Kesamaan
proses yang dimiliki didalamnya, seperti : Proses pemilihan infrastruktur
teknologi informasi, Proses pemilihan media penyimpanan berupa database, Pemilihan
aplikasi
Ø Peran
serta didalam value chain
Ø Interaksi
dengan konsumen dan pelanggan
Ø Interaksi
serta komunikasi dengan rekan bisnis dan supplier
PERBEDAAN ANTARA
E-COMMERCE DAN E-BUSINESS
Ø Perbedaan
antara proses eksternal dan proses internal, maksudnya adalah e-commerce hanya
focus pada masalah pemasaran sedangkan e-bisnis tidak hanya memperhatikan
tentang pemasaran tapi produksi dan manajemen sumber daya.
Ø Perbedaan
cakupan prosesn eksternal dan proses internal
Ø Perbedaan
kompleksitas strategi
Ø Perbedaan
jumlah integritas
download filenya disini
0 komentar:
Post a Comment