Berbagi Ilmu, Tips dan Trik, Berbagi Pengetahuan di Bidang Sains dan Teknologi

March 07, 2018

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi



Selamat datang kembali di blog Dunia Al Fajri Ali. Blog ini berganti nama menjadi Fajri Digital. Di blog ini saya akan berbagi ilmu tentang teknologi, membahas tentang perkembangan sains dan  teknologi, sedikit edukasi tentang materi perkuliahan di bidang teknologi informasi dan lifestyle.
 
Di era digital saat ini teknologi terus berkembang pesat, mulai dari perkembangan platform, device, perkembangan teknologi juga bias kita rasakan di bidang industry dan bisnis. Perkembangan teknologi juga mempengaruhi gaya hidup seseorang.

Bagaimana dampak perkembangan teknologi terhadap sains ? apakah perkembangan sains dan teknologi berbanding lurus, atau sebaliknya ? Pertama kita membahas kembali apa itu Sains dan apa pengertian Teknologi ? apakah keduanya berbeda ?


Manusia biasa mempunyai banyak pengetahuan (knowledge) selain ilmu pengetahuan (sains). Pengetahuan (knowledge) adalah semua yang diketahui oleh manusia. Sains adalah salah satu pengetahuan yang dimiliki manusia. Sains bukan hanya pengetahuan yang mempelajari berbagai fenomena yang ada di alam saja tetapi apa saja yang di dipelajari dan dapat dibuktikan kebenarannya, dan cara membuktikannya adalah dengan adanya fakta dan data.

Sains adalah pengetahuan yang memiliki sifat empiris, objektif, sistematis dan dapat dibuktikan kebenarannya. Sains adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi. Sains juga merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Sains terbentuk karena manusia berusaha berpikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Dengan sains manusia mencoba untuk membuat sebuah penemuan terbaru bisa disebut itu adalah metode ilmiah atau penelitian.

Nah, sekarang teknologi, teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penemuan terbaru hasil dari metode ilmiah akan membentuk sebuah teknologi tebaru atau teknologi tingkat lanjut. Right, Sains dan Teknologi tidak bisa dipisahkan. Kenapa ? Karena teknologi adalah implementasi atau penerapan dari sains itu sendiri dan teknologi juga di jadikan alat untuk pengembangan sebuah ilmu pengetahuan (sains).

Sains dan Teknologi bisa diibaratkan seperti koin, mempunyai dua sisi yang berbeda tetapi memiliki tujuan yang sama. Dengan sains akan tercipta penemuan-penemuan yang terbaru dan akan menjadi acuan dari sebuah teknologi. Dan teknologi akan digunakan untuk pengembangan sains. Teknologi digunakan untuk membantu kehidupan manusia agar lebih efisien, ringan dan efektif. Fungsi Sains adalah mempelajari masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia dengan melakukan penelitian dan metode ilmiah. Dari penelitian itulah terbentuk teknologi terbaru.

Jadi, kesimpulannya adalah teknologi adalah produk dari sains. Teknologi terbaru diciptakan adalah untuk membantu manusia dalam melakukan kegiatan atau pekerjaannya. Dan Teknologi yang dicipkatan adalah hasil dari kajian ilmu pengetahuan (Sains). Bijaklah dalam memanfaatkan technology..

Referensi : wikipedia.com
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Pages