Berbagi Ilmu, Tips dan Trik, Berbagi Pengetahuan di Bidang Sains dan Teknologi

March 27, 2018

Tips Dalam Memilih Motherboard



Motherboard adalah sebuah komponen yang sangat penting pada computer. Membahas tentang cara memilih motherboard, motherboard tidak hanya sekedar tempat memasang cpu/prosessor, ram, vga card, dan yang lainnya. Dalam memilih motherboard mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang sangat pesat dan cepat saat ini, memilih motherboard yang akan digunakan dalam merakit sebuah computer untuk saat sekarang membutuh pemikiran yang sangat matang. Ya elah sampai segitunya.. He he..


Yap, lanjut kembali tentang cara memilih motherboard. Dalam memilih motherboard kita membutuhkan sebuah planning atau perencanaan untuk pengembangan computer kita ke depan nya. Perencanaan yang dimaksud adalah apakah suatu saat nanti kita akan mengupgrade komponen lain yang ada pada motherboard tersebut, apakah itu kita menganti cpu/prosessor ke seri lebih tinggi yang mempunyai performa yang lebih baik, penambahan kapasitas ram, penambahan vga card menjadi multi vga, atau anda ingin merakit computer ala kadarnya tanpa akan melakukan upgrade. Pilihan itu sih terserah anda.. He he.. 

Sebelum kita memilih motherboard, ada beberapa ukuran motherboard yang bisa gunakan untuk perakitan computer anda. Ukuran-ukuran motherboard tersebut adalah seperti ATX, Micro-ATX, dan Mini-ITX.


Sekarang kita akan masuk ke tips cara memilih motherboard. Sebelum memilih motherboard yang akan digunakan sebaiknya anda menentukan dulu prosessor apa yang akan anda gunakan apakah Intel atau AMD. Oke kita masuk ke tips :

1.    Pilih lah motherboard yang sesuai dengan tipe socket prosessor, untuk Intel beberapa contoh socketnya adalah LGA775, LGA1150, LGA1151, LGA1155 dan lainnya. Untuk AMD contoh socketnya seperti AM2, AM3, AM3+, FM2 dan yang terbaru sekarang dari AMD adalah socket AM4 dan TR4.
2.      Jika anda berencana ini melakukan overclock pada computer anda nantinya, pilihlah motherboard yang support dengan overclocking.
3.      Pilihlah motherboard yang memiliki slot ram yang banyak. Jika slot ram lebih banyak anda tidak perlu mengganti motherboard ketika anda ada keinginan untuk menambah kapasitas ram.
4.   Jika anda punya keinginan untuk merakit computer yang multi GPU atau VGA card ganda, pilihlah motherboard yang mempunyai slot VGA atau Slot PCI-e lebih.
5.      Pilihlah motherboard dengan tipe chipset yang terbaru.

Oke, sekian dulu tips dari saya semoga bermanfaat...
Share:

1 comment:

Powered by Blogger.

Pages